Matahari Yang Terbit dari Puncak B-29

Setuju nggak sih kalian kalau Gunung Bromo dilihat dari sudut pandang manapun selalu cantik? Itulah kenapa sejak beberapa tahun terakhir ini banyak sekali view point baru yang bermunculan di sekitar area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Mulai dari yang paling lawas, ada penanjakan 1, 2, dan 3. Lalu ada pula Bukit Cinta, dan Bukit Kingkong….

Body Shamming = Bullying

Menurut kalian pertanyaan macam, “Kamu kok gendutan sih, sekarang?” itu termasuk body shamming, nggak? Okay, let’s break it down. Body shamming adalah sebuah cara seseorang untuk mengomentari fisik orang lain secara negatif. Bisa dengan cara bercandaan, komentar ringan, basa-basi, atau bahkan bahan untuk memulai sebuah percakapan. Logikanya begini, seseorang nggak mungkin bertanya “Kamu kok gendutan…

8 Hal Yang Harus Kamu Tahu Sebelum Ke Semeru

  Setuju nggak sih, kalau sejak film 5 Cm, dunia pendakian di Indonesia jadi lebih bersinar dibandingkan sebelumnya? Terutama pesona Gunung Semeru yang makin terkenal. Tidak kurang dari ribuan pendaki yang naik ke puncak abadi tempat bersemayamnya Para Dewa ini tiap tahunnya. Memang pesona di film mampu menghipnotis setiap orang untuk datang ke tempat ini….

Bucket List : Sendratari Ramayana

Some say if we carry our childhood with us, we never become older.  Pasti ada satu bagian masa kecil yang selalu kita bawa hingga kita dewasa. Entah itu cerita megah tentang kerajaan-kerjaan Disney dengan Putri dan Pengeran berkuda putihnya, atau memori sesederhada seperti berenang di sungai belakang rumah dan makan mangga hasil curian di tanah…

Hilang Dari Peradaban

Somesay that I am a veryyyy distracted people.  Mereka bilang multitasking adalah sesuatu hal paling mustahil yang bisa kukuasai. Kemampuan yang sebenarnya sangat dibutuhkan bagi pekerja kantoran zaman milenial seperti sekarang, namun sayangnya aku terlahir buruk melakukannya. Mereka juga bilang aku orang yang sangat berantakan, di tambah lagi tidak fokus. Dalam hal apapun. Hmm, 100 %…

Nombeko dan Bom Atom Ke Tujuh

Tentang Gadis Penguras Jamban dari Soweto, Dua Holger yang salah satunya tidak diakui negara, serta seorang Gadis pemarah.  Sebagai seorang pencinta sejarah, harus kuakui kalau aku tidak terlalu suka dengan politik. Agak absurd memang, karena politik adalah bagian dari sejarah dunia. Tapi karena rumitnya, dan berbagai drama para pelaku dalam kancah panggung politik, I think…

Meniti Jejak Masa Lalu di Little Netherland

“I love the feeling of being anonymous in a city I’ve never been before.” Hmm, sebenarnya tidak secinta itu juga sih. Aku tetap merasa sedikit gugup dan takut waktu pertama kalinya aku menginjakkan kakiku di Semarang. Sebagai seorang solo traveller pasti akan selalu merasakan perasaan campur aduk antara senang sekaligus takut saat pertama kali menginjakkan…

Kuliner Sehari Di Semarang

Kalau bagiku Semarang itu masih jadi salah satu ‘One Night Stand City’ and ‘Weekend Perfect Getaway’, simply because it is sooo close from Surabaya. Kecuali kalau mau jelajah alam di Semarang, kota ini bisa banget lho dijelajahi dalam waktu sehari. Sightseeing di kota ini nggak pernah bikin bosen. Selalu ada hal baru untuk dijelajahi, mulai dari makanan lokal…

Selamat Ulang Tahun Kota Surabaya

There is something about parade that got me so into it. I love the ambience, the cheers, the laugh, and the vibrant look that every participant gave, it just so amazing.  Mungkin itu juga yang membuatku ngotot menyaksikan Parade Bunga dan Budaya Surabaya dalam rangka menyambut hari jadi Kota Surabaya yang ke 724 tahun. Bejarak hanya…

Selain Gunung Bromo, Tempat-Tempat Wisata Ini Juga Keren

Setelah capek meniti tangga sampai ke puncak Bromo dan menyaksikan langsung geraman Kawahnya, sebaiknya jangan langsung pulang dulu. Karena Bromo itu sebenarnya lebih dari sekedar Penanjakan dan Kawah Bromo. Ada banyak sekali tempat yang bisa dikunjungi di daerah wisata ini. Kalau di seputar Gunung Bromo pemandangan akan di dominasi dengan tanah berpasir, pegunungan, dan hilir…

6 Alasan Kenapa Harus Naik Jeep Di Bromo

Waktu masih menunjukkan pukul setengah tiga pagi ketika sebuah jeep memasuki lapangan parkir di sebuah penginapan di Cemoro Lawang. Seorang lelaki setengah baya turun dan menghampiri kami yang sudah menunggu sejak tadi. Ternyata dia adalah sopir jeep yang akan menghantar kami berkeliling Bromo hari itu. Langsung saja aku naik di bangku depan, karena ingin melihat…

Semarang Night Carnival 2017

Datang ke Semarang Night Carnival 2017 adalah keputusan terbaik yang aku buat. Bukan hanya karena festival ini super keren, tapi juga karena ini adalah karnaval pertama yang aku datangi, bukan karnaval antar desa yang mesti ada tiap tahun pas 17 Agustus lho ya, kalau itu sih dari kecil juga udah langganan. I mean, the big…